Latest News
Chip Sakti Agen Pulsa dan Loket Pembayaran

News : Bandara Futuristik Baru di China Senilai Rp 14 Triliun

Jakarta - China membangun terminal baru di bandara internasional Shenzen, yaitu Shenzen Bao'an International Airport. Terminal ini dianggap bernilai seni tinggi dan ramah lingkungan.

Bangunan terminal futuristik di selatan China ini melengkapi 3 terminal bandara lainnya yang sudah ada. Sejak kemarin, bandara baru ini telah dibuka untuk penerbangan.

Dikutip dari CNN, Jumat (29/11/2013), pembangunan terminal baru di bandara ini menghabiskan biaya 8,5 miliar yuan (US$ 1,4 miliar) atau sekitar Rp 14 triliun untuk konstruksinya. Biaya ini 3 kali lebih besar dari pembangunan 3 terminal lamanya. Ada 76 slot pesawat di bandara tersebut.

Berikut penampakan bandara tersebut.

1. Bandara yang Serba Mencolok

Shenzen Bao'an International Airport ini memiliki 76 slot penerbangan. Untuk arsitekturnya, pesawat ini didesain oleh FUKSAS, perusahaan arsitek asal Italia.
Terminal ini memiliki luas 451 ribu meter persegi, dan merupakan bangunan paling hijau di China. Ada 200 tempat check-in di terminal baru ini dan juga 200 toko di dalamnya.

2. Posisi di Pinggir Laut

Uji coba penerbangan telah dilakukan di terminal baru ini selama 3 hari. Diperkirakan akan ada 2.500 penumpang yang ikut uji coba. Penerbangan pertama dari terminal itu adalah Shenzen Airlines, yang akan terbang menuju Hohhot di Mongolia pada Kamis pagi ini.

Terminal-terminal lamanya saat ini terkoneksi dengan kereta bawah tanah menuju kota. Dari terminal baru ini belum ada kereta bawah tanah langsung ke kota, harus ke terminal lama dulu. Namun akan dibangun jalur langsung yang akan selesai di 2016. Selain itu, pemerintah juga masih akan membangun jalur kereta dari terminal lama ke terminal baru ini.

3. Bangunan Hijau

 

Sinar matahari bisa langsung masuk ke dalam ruangan terminal ini, sehingga hemat energi. Kemudian, air hujan dikumpulkan dan didaur ulang untuk toilet serta menyiram tanaman di dalam gedung.

Ini merupakan bandara pertama di China yang memiliki listrik bertenaga surya dengan kapasotas 10 megawatt.

4. Bakal Dilengkapi Hotel Mewah

Sedang dibangun hotel mewah bintang 5 di terminal ini dengan 404 kamar dan juga jalur kereta bawah tanah baru langsung ke kota. Rencananya, terminal-terminal lama bakal dijadikan pusat perbelanjaan, pusat pertemuan, dan parkir jet pribadi. Terminal lama ini dibuka pertama kali 1991.

5. Penghubung Domestik

Terminal baru ini rencananya bakal melayani penerbangan ke Hong Kong atau Guangzhou. Karena selama ini Shenzen telah melayani penerbangan domestik di China.

6. Bandara Bersejarah

Bandara yang dibuka sejak 1991 ini tahun lalu melayani 29 juta penumpang, dan 855 ribu ton kargo. Pertumbuhan penumpang dan kargo di bandara ini mencapai 18% per tahun. Dibangun juga 2 landasan pacu di terminal sehingga bisa mengangkut 45 juta penumpang dan 2 juta ton kargo per tahun.